Halaman

Senin, 15 Oktober 2012

Manajemen Koperasi



Manajemen Koperasi

          Telah kita ketahui bahwa koperasi mempunyai ciri ganda yaitu suatu orgaisasi ekonomi yang berasas sosial seperti yang dinyatakan dalam Undang-Undang No. 12 Tahun 1967 tentang Pokok Perkoperasian dan Undang-Undang No. 25 Tahun 1992, di mana dalam undang-undang yang pertama unsur sosial dinyatakan secara eksplisit, sedangkan di dalam undang-undang yang kedua tidak disbutkan secara eksplisit. Di sisi lain dengan adanya kekuatan yang tidak terbatas yang berkumpul dalam rapat anggota, hal ini membuat manajemen koperasi menjadi lebih rumit dan ciri ini tidak terdapat di Perseroan Terbatas.


Bagi suatu koperasi ini berarti bahwa dia harus bekerja menurut prinsip ekonomi dengan melandaskan pada asas-asas koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial didalamnya. Sebagai suatu sistem ekonomi, maka koperasi harus beroperasi berdasarkan pada kaidah-kaidah ekonomi dan motif ekonomi, sedangkan dalam hal sosial berarti lebih menekankan hubungan antar anggota.


Dalam bukunya Cooperatives: Development, Principles, and Management, Prof. Ewell Paul Roy, Ph.D. yang menyatakan bahwa manajemen dari koperasi itu melibatkan 4 unsur yaitu: anggota, pengurus, manajer, dan karyawan. Khusus tentang karyawan ini diasumsikan bahwa mereka itu merupakan penghubung antara manajemen dan anggotanya.

Seorang manajer harus bisa menciptakan situasi yang mampu memotivasi atau mendorong karyawan untuk bisa memperbaiki dan mempertahankan kinerja atau produktivitasnya. Karena para karyawan bisa dibilang sebagai inti dalam berjalannya hubungan dengan para anggota pelanggan. Jadi jika karyawan tidak memiliki tingkat kinerja yang baik maka akan berdampak pada hubungan antar anggotanya.
Dengan demikian dapat kita mengerti bahwa tugas dan tanggung jawab manajemen cukuplah berat yang dimana mereka harus mempertanggung jawabkan keberhasilan manajerial atau pengelolaan koperasi karena manajemen harus bekerja dengan berasaskan pada prinsip ekonomi dan prinsip koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial di dalamnya.  



Daftar Pustaka
Hendrojogi, M.Sc., Drs., 2004. Koperasi: Asas-asas, Teori, dan Praktik, Rajawali Pers, Jakarta.

Roy Ewell Paul, Ph.D., 1981. Cooperatives: Development, Principles, and Management, The Interstate Printers and Publishers, Inc. Danville, Illinois. Fourth Editoin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar