Halaman

Sabtu, 24 November 2012

UKM, Motor Ekonomi Indonesia?

Sudahkah UKM Menjadi Motor Perekonomian Indonesia?

     Keberadaan usaha kecil menengah (UKM) memang penting dalam suatu perekonomian negara atau daerah, begitu pun di Indonesia. Walaupun ukm hanya menyumbang output nasional sebesar 56,7 persen dan dalam ekspor non-migas hanya 15 persen, tetapi usaha kecil menengah (ukm) mampu memberi kontribusi pada jumlah badan usaha di Indonesia sebesar 99 persen serta 99,6 persen dalam soal penyerapan tenaga kerja.

     Maka tidak heran jika belakangan ini usaha kecil menengah (ukm) mulai mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Karena dalam praktiknya, usaha kecil menengah (ukm) ini adalah salah satu penyelamat bangsa Indonesia dari kekolepan ekonomi yang saya rasa kita semua tahu kapan terjadinya.

     Dan apabila ada pertanyaan “Sudahkah ukm menjadi motor perekonomian Indonesia?”, saya rasa ini hanya masalah proses pematangan saja, kenapa?, karena bila kita lihat dari sisi penyerapan tenaga kerja yang mampu menyerap 99,6 persen dari jumlah tenaga kerja Indonesia memang sangat mumpuni untuk bisa di jadikan salah satu basis perekonomian Indonesia, apalagi disaat tingkat angkatan kerja yang terus bertambah. Tetapi bila kita lihat dari sisi akses pasar, masih banyak usaha kecil menengah (ukm) yang sulit mendapatkan pangsa pasar untuk memasarkan produknya, sehingga usaha kecil menengah yang seperti ini hanya ada dalam wilayah pasar yang relatif kecil, yang sangat memungkinkan ukm ini ada pada tingkat produksi konstan kecil yang berakibat pada pendapatan yang tidak berkembang atau kecil pula.

     Maka disinilah pentingnya peran pemerintah dalam membantu usaha kecil menengah (ukm) dalam mendapatkan akses pasar yang lebih luas, agar ukm dapat lebih menonjolkan dirinya kepada pangsa pasar yang lebih luas, sehingga usaha kecil menengah (ukm) akan mampu mengembangkan dirinya sebagai badan usaha yang lebih besar atau maju dan akan berakibat pada perekonomian Indonesia itu sendiri.

Sumber:
kk.mercubuana.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar