Halaman

Senin, 26 November 2012

Perkembangan UKM

Tingkat Perkembangan UKM

     Usaha kecil menengah (ukm) di Indonesia kini memang bisa di bilang hampir menjadi pilar ekonomi bangsa Indonesia, penyerapan tenaga kerja sebesar 99,6 % dan jumlah unti usahanya terus bertambah, tidak menutup kemungkinan usaha kecil menengah akan bisa menjadi pilar ekonomi Indonesia. Kini begitu banyak usaha kecil menengah (ukm) di Indonesia, ada yang berada pada tingkat pemula, perintis, hingga sudah menjadi pebisnis menengah besar. Mari kita lihat tahap-tahap perkembangan usaha kecil menengah (ukm) yang kini sedang giat itu.

1. Tahap Pertumbuhan
         ·        usaha/produknya relatif baru
         ·        permodalan yang belum kuat
         ·        pasarnya belum ternbentuk secara jelas dan aksesnya masih sangat terbatas
         ·        organisasinya sederhana
         ·        mencari bentuk dan fokus usahanya belum jelas
    ·   berkembang dengan bantuan pribadi

     Pada tahap diatas, si pemilik baru saja terjun ke dunia usaha sehingga belum memiliki pangsa pasar yang memadai.

2. Tahap Pembangunan
         ·        usaha/produknya sudah mulai tumbuh dan dikenal
         ·        sudah memiliki akses permodalan (Perbankan, KUR)
         ·        memiliki badan hukum
         ·        pasarnya mulai terbentuk
         ·        sudah memiliki organisasi yang jelas
         ·        sudah menemukan fokus usahanya sebagai kegiatan utamanya
         ·        memiliki jaringan, dengan suppliernya, pasarnya dan usaha seejenis
    ·   kemempuan manajerialnya ssudah baik

     Pada tahap kedua ini si pemilik sudah memanfaatkan bantuan modal seperti dari Bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Serta memiliki jaringan pangsa pasar yang memadai.

3. Tahap Pematangan
         ·        usaha/produknya sudah dikenal luas
         ·        memiliki badan hukum
         ·      memiliki modal yang cukup dan akses permodalan yang cukup luas (Perbankan, 
             LKBB, KUR)
         ·        pasarnya berkembang dan terus tumbuh
         ·        sudah memiliki organisasi sesuai dengan asas manajemen modern
         ·        fokus usaha dan sudah mulai melakukan ekspansi
         ·        memiliki jaringan, baik dengan suppliernya, pasarnya dan usaha sejenis
         ·        kemampuan manajerial yang baik, serta memiliki pengetahuan bisnis yang baik

Dan pada tahap ketiga ini si pemilik/pebisnis benar-benar sudah merambah ke tahap bisnis menengah besar dimana kegiatan manajerialnya sudah dilandasi pengetahuan bisinis yang baik, sehingga akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan produksi hingga pemasarannya.

Sumber:
kk.mercubuana.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar