E-Commerce
E-commerce atau Perdagangan
Elektronik adalah transakasi pasar jarak jauh melalui sistem elektronik
seperti, internet, televisi atau jaringan komputer lainnya yang meliputi
pembelian, penjualan, ataupun pemasaran, baik barang maupun jasa, dimana
pembeli dan penjualnya tidak saling bertemu langsung.
Perkembangan
pasar global yang begitu pesat dan permintaan yang meningkat baik di dalam
negeri maupun luar negeri lah yang mendukung perdagangan elektronik atau
e-commerce ini berkembang dari tahun ke tahun. Ketika penjualan, pembelian, dan
pemasaran secara langsung tidak lagi memungkinkan untuk dilakukan, maka metode
inilah yang tepat untuk memungkinkan kita tetap bertransaksi tanpa harus
bertatap muka.
Dewasa
ini, internet lah yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi pasar secara
online, disamping media ini murah dan cepat, media ini juga salah satu media
yang memiliki jangkauan komunikasi yang hampir tidak terbatas. Seiring
dengan booming internet pada akhir 90-an, bermunculanlah berbagai online shop
yang menawarkan produk melalui website yang dirancang untuk dapat melakukan
transaksi secara online, dan lahirlah istilah E-commerce.
Adapun beberapa manfaat dari e-commerce
yaitu :
1. Pelayanan pelanggan lebih baik.
2.
Hubungan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
3.
Pengembalian investasi pemegang saham dan pemilik meningkat.
Kendala :
1. Biaya lebih tinggi.
2. Masalah keamanan.
3.
Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
Teknologi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :
1. Sambungan Langsung (direct
connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah (
value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi
global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup
para pelanggan.
Perdagangan
melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :
1. Business-to-Customer (B2C)
Perdagangan
melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi
antara sebuah perusahaan dengan
pemakai akhir dari produk.
2. Business-to-Business (B2B)
2. Business-to-Business (B2B)
Perdagangan
melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.
Berkembangnya perdagangan eletronik dewasa ini
memang sangat membantu dalam pengembangan usaha yang kita geluti, selain cepat
dan pengadaan medianya yang terbilang murah, metode ini juga memudahkan kita
bertransaksi tanpa harus bertemu langsung. Namun setiap kelebihan yang
ditawarkan pasti ada kekurangannya, jadi bila anda ingin menggunakan metode ini
untuk mengembangkan usaha anda, sebaiknya anda cari tahu lebih dalam bagaimana
menjalankan metode ini dengan baik, dengan begitu anda akan mendapat hasil yang
lebih baik pula.
Waktu mengakses :
Sabtu,
23 Juni 2012
Pukul
19.12 WIB
Sumber
:
http://danar-pake.blogspot.com
http://id.wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar