Halaman

Minggu, 24 Juni 2012

E-commerce

E-Commerce
    E-commerce atau Perdagangan Elektronik adalah transakasi pasar jarak jauh melalui sistem elektronik seperti, internet, televisi atau jaringan komputer lainnya yang meliputi pembelian, penjualan, ataupun pemasaran, baik barang maupun jasa, dimana pembeli dan penjualnya tidak saling bertemu langsung.

      Perkembangan pasar global yang begitu pesat dan permintaan yang meningkat baik di dalam negeri maupun luar negeri lah yang mendukung perdagangan elektronik atau e-commerce ini berkembang dari tahun ke tahun. Ketika penjualan, pembelian, dan pemasaran secara langsung tidak lagi memungkinkan untuk dilakukan, maka metode inilah yang tepat untuk memungkinkan kita tetap bertransaksi tanpa harus bertatap muka.

      Dewasa ini, internet lah yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi pasar secara online, disamping media ini murah dan cepat, media ini juga salah satu media yang memiliki jangkauan komunikasi yang hampir tidak terbatas. Seiring dengan booming internet pada akhir 90-an, bermunculanlah berbagai online shop yang menawarkan produk melalui website yang dirancang untuk dapat melakukan transaksi secara online, dan lahirlah istilah E-commerce.

Adapun beberapa manfaat dari e-commerce yaitu :
1. Pelayanan pelanggan lebih baik.
2. Hubungan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
3. Pengembalian investasi pemegang saham dan pemilik meningkat.
Kendala :
1. Biaya lebih tinggi.
2. Masalah keamanan.
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.

 
Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :
      1.      Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
      2.      Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan.
3.   Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra  dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
    

Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :
1.      Business-to-Customer (B2C)
            Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi  
            antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
      2.   Business-to-Business (B2B)
       Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.

      Berkembangnya perdagangan eletronik dewasa ini memang sangat membantu dalam pengembangan usaha yang kita geluti, selain cepat dan pengadaan medianya yang terbilang murah, metode ini juga memudahkan kita bertransaksi tanpa harus bertemu langsung. Namun setiap kelebihan yang ditawarkan pasti ada kekurangannya, jadi bila anda ingin menggunakan metode ini untuk mengembangkan usaha anda, sebaiknya anda cari tahu lebih dalam bagaimana menjalankan metode ini dengan baik, dengan begitu anda akan mendapat hasil yang lebih baik pula.

Waktu mengakses :
Sabtu, 23 Juni 2012
Pukul 19.12 WIB

Sumber :
http://danar-pake.blogspot.com
http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar