Halaman

Sabtu, 31 Desember 2011

Desa Jagur

Di Desa Jagur Saya Mengabdi

Saya disini hanya ingin membagi pengalaman saya yang begitu sangat berarti bagi saya, pengalamn itu adalah diamanahkannya saya menjadi tenaga pengajar atau guru di desa Jagur Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. Ditempat inilah saya diamanahkan tugas nan mulia tersebut karena saya berkesempatan mengabdikan diri saya dipelosok Indonesia yang jauh dari hingar-bingar perkotaan sebagai tenaga pengajar atau guru Bahasa Inggris. Saya akan mulai dengan menceritakan bagaimana kondisi daerah disana.

§ Letak Geografis
Kabupaten Sambas dengan luas wilayah 6.395,70 km2 atau 639.570 ha (4,36% dari luas wilayah Propinsi Kalimantan Barat), merupakan wilayah Kabupaten yang terletak pada bagian pantai barat paling utara dari wilayah propinsi Kalimantan Barat. Panjang pantai ±128,5 km dan panjang perbatasan negara ±97 km. Dilihat dari letak geografisnya, Kabupaten Sambas terletak diantara 1’23” Lintang utara dan 108’39” Bujur Timur, dengan batas wilayah :
- Sebelah Utara dengan Laut Natuna dan Serawak (Malaysia Timur)
- Sebelah Selatan dengan Kota Singkawang & Kabupaten Bengkayang
- Sebelah Barat dengan Laut Natuna
- Sebelah Timur dengan Serawak (Malaysia Timur) dan Kabupaten Bengkayang

§ Suku di kecamatan Sambas
Suku yang ada di tempat dimana saya mengabdi yaitu di kecamatan Samabas adalah Suku Sambas, suku ini berbentuk kerajaan yang di pimpin oleh seorang sultan yang bernama Sultan Sambas. Penduduk kerajaan Sambas mayoritas melayu dan berbahasa melayu. Suku Sambas ini merupakan suku baru yang muncul pada sensus tahun 2000 dan merupakan 12% dari penduduk Kalimantan Barat.

§ Kebiasaan masyarakat Desa Jagur
Kebiasaan masyarakat desa Jagur adalah menenun untuk mengisi waktu kosong mereka dan sekaligus sebagai penambah pendapatan mereka, kain tenun itu biasa disebut "kain tenun sambas".

§ Mata Pencaharian
Mata pencaharian penduduk Kabupaten Sambas bervariasi antara lain : di bidang Pertanian 78,53 %, di bidang Industri dan Perdagangan 7,13 %, di bidang jasa 6,98 %, Angkutan dan Komunikasi 1,04 %, lain-lain 6,32 %.

Rencana Kerja
Di desa yang tentram, indah, dan nyaman inilah saya ditugaskan di Sekolah Dasar (SD) sebagai tenaga pengajar atau guru di bidang Bahasa Asing khususnya Inggris. Disini saya mengajarkan tentang berbagai hal yang menyangkut dengan Kurikulum Bahasa Inggris Sekolah Dasar, mulai dari mengajarkan cara membaca Alpabet dengan baik dan benar dalam bahasa inggris, mengeja nama dalam bahasa inggris, mendengarkan dan merespon instruksi sederhana secara verbal, berbicara/bercakap-cakap untuk mengungkapkan instruksi dan informasi, membaca bahasa inggris dengan pelafalan yang baik, dan yang terakhir yaitu menulis dalam bahasa inggris ataupun menyalin kalimat bahasa inggris.

Sebagai guru, saya mencoba untuk menjadi guru yang baik yang tidak hanya disenangi oleh muridnya karena saya menyayangi anak-anak, melainkan saya sebagai guru ingin disenangi dan disayangi muridnya karena metode/cara pengajaran yang saya berikan dikelas dan inovasi pengajaran yang belum pernah diajarkan sebelumnya di tempat saya mengajar. Maka dari itu saya mengusahakan hal itu agar dapat terrealisasi kedalam aktifitas mengajar saya. Karena bila seorang murid sudah menyukai metode/cara mengajar yang diberikan oleh gurunya, maka secara tidak langsung murid itu akan menyukai pelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut. Dan secara otomatis, yang sebelumnya minat murid itu kecil terhadap pelajaran yang disampaikan guru tersebut, perlahan-lahan akan semakin menyukai pelajaran yang disampaikan guru tersebut.

Sebagai contoh, saya sebagai tenaga pengajar atau guru di desa Jagur, saya mencoba menyampaikan materi-materi dengan fresh dan yang mereka anggap tidak membosankan, yaitu dengan menyisipkan metode bernyanyi pada materi-materi tertentu di beberapa kesempatan. Dengan metode/cara seperti itulah, mereka terlihat lebih mudah dan nyaman untuk menerima pelajaran yang saya sampaikan kepada mereka.

Harapan
Sebagai seseorang yang bisa dibilang berpartisipasi dalam memberikan jasa pengajaran di lembaga pendidikan, pastinya memiliki harapan akan kemajuan yang lebih baik dari sebelumnya di lembaga pendidikan dimana kita berpartisipasi didalamnya. Disini saya ingin mengungkapkan harapan saya terhadap anak-anak didik saya, harapan terhadap masyarakat sekitar, dan harapan bagi saya sendiri.

Yang pertama saya ingin mengungkapkan harapan saya terhadap anak didik saya yang ada di desa Jagur, semoga mereka semua mengerti pelajaran yang saya sampaikan setiap minggunya dan memahami materi-materi yang saya ajarkan kepada mereka agar mereka tidak terbawa arus zaman yang terus berkembang setiap harinya karena mengingat bahasa inggris adalah bahasa internasional yang selalu diutamakan disetiap negara. Yang kedua saya ingin menyampaikan harapan saya terhadap masyarakat sekitar akan kehadiran saya di tengah-tengah mereka. Saya sangat berharap masyarakat desa Jagur tidak merasa terganggu atas kehadiran saya yang semata-mata hanya untuk menjalankan amanah yang mulia ini, karena saya bisa menjadi tenaga pengajar atau guru di desa Jagur yang begitu jauh dari tempat saya berasal. Dan saya juga berharap masyarakat disana mengerti betapa pentingnya bahasa asing khususnya inggris karena bahasa asing yang satu ini sudah menjadi tuntutan global, dan agar mereka para orang tua memberi pengertian yang lebih terhadap anak-anak mereka, bahwa bahasa ini adalah salah satu bekal dasar dimasa depan. Yang ketiga saya ingin menstimulus diri saya dengan harapan terhadap diri saya sendiri yang di amanahkan sebagai tenaga pengajar atau guru di desa Jagur. Harapan itu adalah sangat iniginnya saya menjadikan amanah ini sebagai pengalaman yang indah dan juga mulia agar saya selalu dapat memperbaiki sistem ataupun proses pengajaran yang saya sampaikan selama ini.

Sumber: humassambas,wikipedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar